Al-Quran Dan Iptek

Berawal ϑαri kelas 3 SMA, ikut bimbel yαηƍ bernafaskan Islam, Nurul Fiqri, ϑi sanalah pertama kali mataku terbuka bahwa betapa banyaknya ilmu yαηƍ c∕̴Ɩllαh sisipkan dalam Al-Quran. Kami bukan hanya diajarkan ilmu sekolah tapi juga selalu di-combine dengan agama, termasuk ayat-ayat Quran yαηƍ berhubungan sama iptek. Karena kalo cuma baca Quran dan tafsir, tanpa ada penelitian, kita ga bisa menemukan apa maksud C∕̴Ɩllαh dengan ayat-ayat ini.

Αφ ingat banget waktu itu begitu terpesona pas denger kakak pengajar menjelaskan beberapa ayat-ayat ajaib ini😀
Di sini, aφ rangkum sebagian, semoga berguna membuat kita semakin ♥ dan taat sama c∕̴Ɩllαh, sang penguasa langit dan bumi…
آمــــــــــــــــــين يا رب العالمين

بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْـــــمِ

• D  I    B  I  D  A  N  G    A  S  T  R  O  N  O  M  I •

– LANGIT DAN BUMI DAHULU ADALAH PADU

Langit dan bumi dulunya adalah satu kesatuan, sensor pada COBE yang diluncurkan NASA tahun 1992 berhasil menangkap sisa-sisa radiasi ledakan Big Bang. Allah menciptakan jagat raya dari ketiadaan. Big Bang adalah teori yang telah dibuktikan secara ilmiah. Meskipun sejumlah ilmuwan berusaha mengemukakan sejumlah teori tandingan guna menentangnya, namun bukti-bukti ilmiah malah menjadikan teori Big Bang diterima secara penuh oleh masyarakat ilmiah.

Al-Anbiyaa : 30
“Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang PADU, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?”

– ALAM SEMESTA TERUS MENGEMBANG
Alam semesta ini tidak tetap, tapi terus mengembang seperti balon yαηƍ ditiup. Θαri sebuah bola kecil berdiameter 1/1000 cm dengan energi yang maha besar kemudian meledak dan mengembang menjadi kediaman 1011 galaksi, yαηƍ masing-masing galaksi terdiri dari 1011 bintang, salah satunya matahari kita dalam galaksi Bimasakti.

Adz-Dzaariyat : 47
“Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar MELUASKANNYA.”

– MATAHARI TIDAK DIAM
Jaman dulu orang berpikir matahari itu diam saja, ternyata tekhnologi telah membuktikan matahari bergerak pada orbitnya.

Yaa Siin : 38
“dan matahari BERJALAN ΘI TEMPAT PEREDARANNYA. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.”

– ALAM SEMESTA DIPENUHI LINTASAN/ORBIT
Baru tekhnologi modern yαηƍ bisa membuktikan bahwa alam semesta ini dipenuhi lintasan/orbit/jalan, bahkan komet pun memiliki orbit.

Al-Anbiyaa : 31
“Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam GARIS EDARnya.”

Adz-Dzariyat : 7
“Demi langit yαηƍ mempunyai JALAN-JALAN”

– LANGIT SEBAGAI ATAP YANG TERPELIHARA
Benda-benda langit yang lalu lalang di ruang angkasa itu berbahaya bagi Bumi. Tapi Allah, Pencipta Maha Sempurna, telah menjadikan atmosfir sebagai atap yang melindungi bumi. Berkat pelindung istimewa ini, kebanyakan meteorid tidak mampu menghantam bumi karena terlanjur hancur berkeping-keping ketika masih berada di atmosfir.
Kepingan yαηƍ jatuh pun tidak sampai membuat kehancuran ϑi bumi.

Atmosfir juga menyaring sinar-sinar dari ruang angkasa yang membahayakan kehidupan. Menariknya, atmosfir hanya membiarkan agar ditembus oleh sinar-sinar berguna dan tak berbahaya, seperti cahaya tampak, sinar ultraviolet tepi, dan gelombang radio, mungkin ƍαк sih kerja pintar ini hanya kebetulan?🙂

Ternyata atmosfir juga melindungi bumi dari suhu dingin membeku ruang angkasa, yang mencapai sekitar 270 derajat celcius di bawah nol.

Selain atmosfir, Sabuk Van Allen, lapisan yang tercipta akibat adanya medan magnet bumi, juga berperan melawan radiasi berbahaya yang mengancam planet kita. Radiasi yang terus-menerus dipancarkan oleh matahari dan bintang-bintang lainnya, sangat mematikan bagi makhuk hidup. Kalo gada Sabuk Van Allen, pastilah kehidupan ϑi bumi sudah hancur sejak awal keberadaannya karena ga sanggup menangkal radiasi ϑαri Badai Matahari yαηƍ sering terjadi.

Jelas banget bedanya bumi ϑαri planet lain kαη, karena bumi memang c∕̴Ɩllαh ciptakan bagi manusia, dan c∕̴Ɩllαh memeliharanya untuk kelangsungan hidup manusia🙂

Al-Anbiyaa : 32
“Dan Kami menjadikan langit itu sebagai ATAP YANG TERPELIHARA, sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (kekuasaan Allah) yang ada padanya.”

D  I    B  I  D  A  N  G   F  I  S  I  K  A

– RELATIVITAS WAKTU
Waktu adalah sebuah konsep yang relatif dapat berubah tergantung keadaannya. Albert Einstein membuktikan fakta ini dengan teori relativitas. Ia menjelaskan bahwa waktu ditentukan oleh massa dan kecepatan. c∕̴Ɩllαh sudah mewahyukannya sejak 14 abad yαηƍ lalu dalam Al-Quran, tapi kita baru berhasil membuktikannya ϑi abad 20.

As-Sajda : 5
“Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepadaNya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu.”

Al-Mukminuun : 112-114
“Allah bertanya: ‘Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?’ Mereka menjawab: ‘Kami tinggal (di bumi) sehari atau ½ hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung.’ Allah berfirman: ‘Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui’.”

– SEMUA DICIPTAKAN BERPASANG-PASANGAN
Dulu kita hanya berpikir yαηƍ dimaksud berpasangan itu hanyalah manusia, yaitu laki dan perempuan. Tekhnologi modern telah membuktikan bahwa semua materi itu berpasangan, partikel berpasangan dengan anti partikel yαηƍ mempunyai sifat berlawanan. Paul Dirac menerima nobel atas penemuannya.

Ar-Rahman : 52
“Di dalam kedua syurga itu terdapat segala macam buah-buahan yang BERPASANGAN”

Yaa Siin : 36
“Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan PASANGAN-PASANGAN semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun ϑαri apa yαηƍ tidak mereka ketahui.”

Uniknya ϑi ayat ini, berarti juga banyak hal ϑi alam semesta ini yαηƍ kita gatau dan ga mampu membuktikan bahwa sesungguhnya semua berpasangan ya…amazing🙂

– BESI TIDAK TERBENTUK DI BUMI
Penemuan astronomi modern mengungkap bahwa logam besi yang ditemukan di bumi kita berasal dari bintang-bintang raksasa di angkasa luar. Sistem tata surya kita tidak memiliki struktur yang cocok untuk menghasilkan besi secara mandiri. Besi hanya dapat dibuat dan dihasilkan dalam bintang-bintang yang jauh lebih besar dari matahari, yang suhunya mencapai beberapa ratus juta derajat. Ketika jumlah besi telah melampaui batas tertentu dalam sebuah bintang, bintang tersebut tidak mampu lagi menanggungnya, dan akhirnya meledak melalui peristiwa yang disebut “nova” atau “supernova”. Akibat dari ledakan ini, meteor-meteor yang mengandung besi bertaburan di seluruh penjuru alam semesta dan bergerak melalui ruang hampa hingga mengalami tarikan oleh gaya gravitasi benda angkasa, tarikan gravitasi inilah yαηƍ mengantarkan besi ke bumi.

Al-Hadid : 25
“…Dan Kami TURUNKAN BESI yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia ….”

D  I    B  I  D  A  N  G    B  U  M  I

– LANGIT TERDIRI DARI 7 LAPIS
Dalam lingkup kecil, atmosfer bumi terdiri ϑαri 7 lapisan, dan dalam lingkup besar c∕̴Ɩllαh juga menyiratkan bahwa alam semesta itu terdiri ϑαri 7 lapis langit.

Al-Baqarah : 29
“Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya TUJUH LANGIT. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.”

Fushshilat : 11-12
“Kemudian Dia menuju langit, dan langit itu masih merupakan asap. Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa dan Dia mewahyukan PADA TIAP LANGIT URUSANNYA.”

Dalam ayat terakhir ϑi sini dinyatakan bahwa Dia memberikan kepada setiap langit tugas atau fungsinya masing-masing, seperti kenyataannya bahwa tiap lapis atmosfer punya tugas masing-masing, contohnya tugas lapisan terendah (troposfir), ϑi mana hujan, salju, dan angin hanya terjadi ϑi lapisan ini.
Kalau penciptaan 7 lapis langit dalam 2 masa uda ada penelitiannya ƍαк ya?

– ANGIN YANG MENGAWINKAN
Di atas permukaan laut, gelembung udara terbentuk akibat pembentukan buih. Saat gelembung pecah, ribuan partikel kecil (aerosol) terlempar ke udara, bercampur dengan debu daratan yang terbawa oleh angin. Campuran ini terbawa ke lapisan atas atmosfer. Partikel-partikel ini dibawa naik lebih tinggi oleh angin dan bertemu dengan uap air di sana. Uap air mengembun di sekitar partikel-partikel ini dan berubah menjadi butiran air. Butiran air ini berkumpul dan membentuk awan lalu jatuh ke Bumi dalam bentuk hujan. Jadi tanpa adanya peran angin yαηƍ mengawinkan aerosol dengan uap air ϑi angkasa, takkan pernah terjadi hujan. Luar biasa ya🙂 Dan ini hanya mampu dibuktikan dengan tekhnologi modern.

Al-Hijr : 22
“Dan Kami telah meniupkan angin untuk MENGAWINKAN dan Kami turunkan hujan dari langit lalu Kami beri minum kamu dengan air itu dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya.”

– GUNUNG JUGA BERGERAK
Gerakan ini disebabkan oleh gerakan kerak bumi tempat gunung berada. Awal abad ke-20, ilmuwan Jerman bernama Alfred Wegener mengemukakan bahwa benua-benua pada permukaan bumi menyatu pada masa-masa awal bumi, namun kemudian bergeser ke arah yang berbeda-beda sehingga terpisah ketika mereka bergerak saling menjauhi. Istilah modernnya saat ini adalah “continental drift” atau “gerakan mengapung dari benua”, seperti mengapungnya perjalanan awan.

An-Naml : 88
“Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia BERJALAN SEBAGAIMANA JALANNYA AWAN. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

– FUNGSI GUNUNG
Geologi modern membuktikan bahwa gunung muncul sebagai hasil pergerakan dan tumbukan dari lempengan-lempengan raksasa yang membentuk kerak bumi. Ketika dua lempengan bertumbukan, lempengan yang lebih kuat menyelip di bawah lempengan yang satunya, sementara yang di atas melipat dan membentuk dataran tinggi dan gunung. Lapisan bawah bergerak di bawah permukaan dan membentuk perpanjangan yang dalam ke bawah (sebagai pasak). Ini berarti gunung mempunyai bagian yang menghujam jauh ke bawah yang tak kalah besarnya dengan yang tampak di permukaan bumi.
Bayangi deh proses terbentuknya gunung seperti penjelasan ϑi atas, luar biasa banget, c∕̴Ɩllαh ga pernah sia-sia atas apa pun.

Al-Anbiyaa : 31
“Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang KOKOH supaya BUMI itu (TIDAK) GONCANG bersama mereka…”

An-Naba’ : 6-7
“Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan?, dan gunung-gunung SEBAGAI PASAK?”

– LAUTAN YANG TAK BERCAMPUR
Perbedaan masa jenis, tegangan permukaan mencegah bercampurnya lautan satu dengan lain, seolah terdapat dinding tipis yang memisahkan mereka.

Al-Furqon : 53
“Dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan), yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit, dan Dia jadikan antara keduanya DINDING DAN BATAS YANG MENGHALANGI.”

– GELOMBANG DI DALAM LAUTAN
Gelombang ternyata tidak hanya ada ϑi permukaan tapi juga ϑi dalam laut disebut gelombang internal. Tidak bisa dilihat tapi diketahui dengan mempelajari suhu dan perubahan kadar garam.

An-Nuur : 40
“Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh OMBAK, YANG DI ATASNYA OMBAK (PULA), di atasnya (lagi) awan…”

– GELAP GULITA DI DALAM LAUTAN
Kedalaman 200 m ϑi bawah permukaan laut itu sangat gelap karena cahaya hampir tak ada, bahkan 1000 m ϑi bawah permukaan laut gada cahaya sama sekali dan ini baru terbukti dengan tekhnologi modern, karena manusia ga mampu masuk lebih ϑαri 40 meter ke dalam laut tanpa peralatan khusus.

An-Nuur : 40
“Atau seperti GELAP GULITA DI LAUTAN YANG DALAM, yang diliputi oleh ombak, yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih-bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barangsiapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun.”

D  I    B  I  D  A  N  G    B  I  O  L  O  G  I

– SETETES MANI
Anggapan dulu, manusia tercipta ϑαri keseluruhan air mani, biologi modern membuktikan bahwa manusia tercipta hanya ϑαri 1 sperma, bukan seluruh mani yαηƍ dipancarkan.

Al-Qiyaamah : 37
“Apakah manusia mengira akan dibiarkan tak terurus? Bukankah ia HANYA SETITIK MANI yang dipancarkan?”

– CAMPURAN AIR MANI
Biologi modern menemukan, bahwa mani itu bukan hanya berisi sperma, tapi mengandung campuran lain yαηƍ dibutuhkan sperma untuk survive. Cairan ini mempunyai fungsi-fungsi yαηƍ berbeda, misalnya mengandung gula yang diperlukan untuk menyediakan energi bagi sperma, menetralkan asam di pintu masuk rahim, dan melicinkan lingkungan agar memudahkan pergerakan sperma. C∕̴Ɩllαh Maha Mengetahui.

Al-Insaan : 2
“Sungguh, Kami ciptakan manusia dari setetes MANI YANG BERCAMPUR, lalu Kami beri dia (anugerah) pendengaran dan penglihatan.”

– SEGUMPAL DARAH YANG MENEMPEL PADA RAHIM
Manusia awalnya hanya ‘alaq (segumpal darah yαηƍ menempel kuat dan menyerap darah seperti lintah).

Al-‘Alaq : 1
“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari ‘ALAQ (SEGUMPAL DARAH). Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah.”

– TIGA TAHAPAN BAYI DALAM RAHIM
Kehidupan dalam rahim memiliki tiga tahapan: pre-embrionik selama dua setengah minggu pertama, embrionik sampai akhir minggu ke delapan, dan janin dari minggu ke delapan sampai kelahiran.

Az-Zumar : 6
“… Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam TIGA KEGELAPAN. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?”

– PEMBUNGKUSAN TULANG OLEH DAGING
Dulu kita mengira tulang dan daging/otot terbentuk bersamaan dalam rahim, tekhnologi modern membuktikan bahwa ketika jaringan tulang rawan embrio mulai mengeras, barulah sel-sel otot yang terpilih dari jaringan di sekitar tulang-tulang bergabung dan membungkus tulang-tulang ini.

Al-Mukminuun : 14
“Kemudian AIR MANI itu Kami jadikan SEGUMPAL DARAH, lalu segumpal darah itu Kami jadikan SEGUMPAL DAGING, dan segumpal daging itu Kami jadikan TULANG-BELULANG, lalu tulang belulang itu Kami BUNGKUS DENGAN DAGING. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik”

– ASI SELAMA 2 TAHUN
Anjuran memberi ASI selama 2 tahun telah ada ϑi Quran, penelitian membuktikan 2 tahun pertama ASI lah yαηƍ terbaik, TIDAK LEBIH.

Lukman :14
“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan MENYAPIHNYA DALAM 2 TAHUN. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.”

– KULIT YANG TERBAKAR MATI RASA
Kulit yαηƍ terbakar ternyata ga bisa merasakan sakit lαƍι, karena ujung-ujung syaraf sensorik sudah hilang.

An-Nisa : 56
“Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

– SIDIK JARI SEBAGAI TANDA PENGENAL
Sidik jari tiap orang itu berbeda sehingga menjadi tanda pengenal manusia, dan baru ditemukan akhir abad-19. Tanda pengenal ini seperti barcode untuk mengenali suatu barang, sehingga hal yαηƍ kecil bagi c∕̴Ɩllαh untuk membangkitkan kembali manusia ϑi hari perhitungan kelak. Allahu Akbar, c∕̴Ɩllαh Maha Besar.

Al-Qiyaamah : 3-4
“Apakah manusia mengira bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang-belulangnya? Ya, bahkan Kami mampu menyusun (kembali) UJUNG JARI-JARInya dengan sempurna.”

D I   B  I  D  A  N  G    L  A  I  N

– PIRAMID TERBUAT DΑRI TANAH LIAT
Dulu orang gatau gimana mengangkat batu besar membangun piramid, dan abad ini peneliti baru menemukan caranya.

Al-Qasas: 38
“Dan berkata Fir’aun: “Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah hai Haman untukku TANAH LIAT kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa dia termasuk orang-orang pendusta”.

Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Mudahan note ini bisa menambah wawasan dan kecintaan kita pada c∕̴Ɩllαh, Al-Quran dan Islam ya, آمــــــــــــــــــين يا رب العالمين

Rujukan:
http://www.keajaibanalquran.com/earth.html
http://hasnulhadiahmad.com/kebenaran-al-quran-misteri-binaan-piramid-terjawab/
http://forumm.wgaul.com/showthread.php?t=33355

3 thoughts on “Al-Quran Dan Iptek

  1. Wah benar juga. Ternyata Al-Quran yang harganya tidak seberapa lebih canggih dibnding aplikasi buatan remaja seharga 290 milyar yang bekerja meringkas materi beratus halaman menjadi satu paragraf. Subhanallah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s