Kesalahan Pose Yoga Para Yogi Pemula

Banyak pose yoga yang terlihat gampang tapi sebenernya kita suka salah melakukannya. Kenapa bisa salah, karena gak paham prinsip dasar gerakan yoga. Kalo seperti ini dibiarkan terus, hasilnya bukan sehat justru malah cedera. Awal yoga dulu aq juga suka merasa sudah bisa pose-pose yang terlihat mudah, ternyata, makin lama mengenal yoga baru sadar kalo awal yoga dulu sering melakukan pose yang salah.😀

Berikut ini contoh-contoh penjelasan pose dasar yoga yang buat pemula sering merasa benar padahal masih salah.

Half Moon Pose

Sering banget yogi pemula merasa bisa melakukan ini padahal masih salah. Di pose ini punggung hingga hip harus lurus seakan-akan ada tembok di belakangnya yang menempel. Jadi punggung sampai hip ga boleh drop, kalo masih drop artinya pose belum dilakukan dengan benar. Tangan yang di atas juga semakin ditarik jauh ke belakang semakin baik.

 

Vasisthasana – Side Plank

Pose ini juga gitu, otot perut harus dikuatkan untuk mengangkat pinggang agar tidak drop. Hip diangkat, tangan atas ditarik keluar, semakin jauh semakin baik. Dada harus square, ga boleh jatuh. Awal yoga kita pasti sering salah, tapi kalo dibiarkan terus sayang, jadi ga efektif manfaat gerakannya.

 

 

Reverse Warrior 2

Di pose ini kesalahan yang sering terjadi adalah,  lutut berada lebih ke depan dari ujung jari. Yang benar adalah lutut tidak boleh melebihi ujung jari. Hip juga harus dibuka, square ke depan arahnya. Lutut mengarah ke jari tengah. Bahu mengarah ke atas, lengan semakin ditarik jauh ke belakang semakin baik.

 

 

Salamba Kapotasana – Pigeon Pose

Pigeon Pose dilakukan dengan hip square ke depan, jadi ga boleh tertinggal di belakang bagian bokong yang kakinya ke belakang. Saat dada mengarah ke atas, bokong di-squeeze, ini penting banget, kadang dianggap sepele. Fungsi squeeze bokong ini untuk melindungi tulang belakang dari cedera.

 

 

Revolved Side Angle Pose

 

Kesalahan yang sering dilakukan yogi pemula di sini adalah bahu drop, seharusnya bahu dibuka dan mengarah ke atas. Hip juga harus square, jadi walaupun bidang bahu dibuka, hip tetep harus square mengarah ke depan. Lutut juga harus dijaga tidak melebihi jari kaki.

 

 

Ini sebagian pose yang terlihat mudah tapi umumnya yogi pemula salah melakukannya, termasuk saya dulu.😀

Semoga bermanfaat…

3 thoughts on “Kesalahan Pose Yoga Para Yogi Pemula

  1. Bisa banget mas, malah memang itu olah raga yang paling tepat, kuncinya, jangan bosan saat awal yoga, karena sangat capek,. Kalo dirutini minimal 3x seminggu jadi ga berat lagi kok.🙂

  2. artikelnya bermanfaat sekali Gan
    ada kesalahan dalam gerakan atau berpose adakah kemungkinan cidera?
    mohon infonya yaa? jika ada yang menjual secara grosir baju senam murah berkualitas untuk senam yoga mhon infonya yaa? soalnya mau dibuat lomba senam sis . makasih yaa🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s