Kenapa Perempuan Gampang Menangis

Image

Jadi orang yang gampang mengeluarkan air mata itu mengganggu banget deh. Malu saat air mata kadang ngalir tanpa bisa kebendung. Kalo hanya keluar saat kita sendiri mungkin ga masalah, tapi saat air mata keluar di mall, di supermarket, di jalan umum, God…gatau mau ditaruh di mana tu muka. Kadang aq pake cara ngucek mata sambil nunduk buat sekedar mengurangi jumlah perasan air mata yang ngalir. Setelah air mata dibereskan, muncul problem baru, hidung yang memerah….hiks… Biasanya cara mengecohkan orang dari pikiran ‘aneh’ tentang aku (baca : nangis), aku suka pura-pura pegang hidung sekaligus narik sekret yang juga uda siap mengalir… Setelah itu, biasanya aku lebih banyak menunduk karena males berpikir kalo orang pikir aku nangis…hehehehe..

Terlahir sebagai anak yang memang sering menangis sejak kecil, ini beda banget dengan 2 saudara perempuanku yang lain, kadang aku merasa ajaib melihat orang jarang menangis. Padahal saat semakin besar aku baru menyadari, justru orang merasa ajaib melihat aku sering menangis…hahaha….iihhh kalo memang bisa gampang buat ga bersedih, aku ya justru seneng, masalahnya, aku terlalu gampang buat bersedih.  Gimana dong, hehehe🙂

Air mataku bisa keluar dalam beberapa moment, moment curhat denganNya (ini lazim ya), saat tertawa yang bikin guling-guling alias ROTFL =)), merasa sakit di hati atau pun badan, dan yang paling banyak menguras air mata sebenernya adalah……mengingat kembali semua hal itu… Nah, air mata karena kasus terakhir ini yang mau kubahas di sini, yaitu air mata mellow. Rasanya ga nangis dalam sehari ga sampe 10% hari dalam hidupku…Dikit yah🙂

Sering menangis itu sebenernya bukan murni penyebabnya karena perempuan lemah, karena kenyataannya ada perempuan yang ga gampang nangis sebaliknya ada laki-laki yang gampang menangis. Hormon yang ada di tubuh manusia lah yang membuat seseorang mudah menangis atau enggak, yaitu hormon estrogen dan testosteron. Laki-laki dan perempuan itu 2 punya hormon ini, bedanya laki-laki memiliki testosteron dalam jumlah tinggi sedang perempuan lebih rendah. Dan sebaliknya, perempuan memiliki hormon estrogen  lebih tinggi dibanding laki-laki. Ini dasarnya kenapa laki-laki sering dibilang makhluk yang lebih kuat dibanding perempuann karena kenyataannya, laki-laki memang lebih sulit mengeluarkan air mata.

Jika perempuan punya hormon testosteron yang banyak dalam tubuhnya, alhasil dia jadi ga gampang mellow dan mengeluarkan air mata, sebaliknya laki-laki yang memiliki hormon estrogen tinggi, akan lebih susah menahan keluarnya air mata mellow di banding laki-laki pada umumnya.

Gitchuuuu….jadi jangan langsung memvonis orang yang suka menangis itu karena lemah ya, karena aku merasa biarpun sering menangis tapi bukan orang yang lemah jiwanya kok😉

2 thoughts on “Kenapa Perempuan Gampang Menangis

Leave a Reply

